PERADABAN ISLAM DI ACEH

 

PERADABAN ISLAM DI ACEH



1.   SEJARAH MASUKNYA ISLAM DI ACEH

Aceh merupakan daerah pertama di Indonesia yang menerima kedatangan Islam. Hal ini dibuktikan dengan penemuan batu nisan Sultan Malikussaleh di Pasai yang bertanggal 1297 M. Selain itu, catatan Marco Polo yang singgah di Perlak pada tahun 1292 juga menyebutkan bahwa negeri itu sudah menganut agama Islam.

Ada beberapa teori yang menjelaskan tentang masuknya Islam di Aceh. Teori pertama menyebutkan bahwa Islam masuk ke Aceh melalui jalur perdagangan. Pada masa itu, Aceh merupakan salah satu pusat perdagangan penting di Asia Tenggara. Banyak pedagang muslim dari Arab, Gujarat, dan India yang berdagang di Aceh. Merekalah yang kemudian menyebarkan agama Islam di Aceh.

Teori kedua menyebutkan bahwa Islam masuk ke Aceh melalui jalur perkawinan. Pada masa itu, banyak bangsawan Aceh yang menikah dengan bangsawan muslim dari Arab, Gujarat, dan India. Hal ini menyebabkan penyebaran agama Islam di Aceh.

Teori ketiga menyebutkan bahwa Islam masuk ke Aceh melalui jalur pendidikan. Pada masa itu, banyak ulama muslim dari Arab, Gujarat, dan India yang datang ke Aceh untuk menyebarkan agama Islam. Mereka mengajarkan Islam kepada masyarakat Aceh melalui lembaga-lembaga pendidikan.

 

2.  KERAJAAN ISLAM YANG ADA DI ACEH

Terdapat tiga kerajaan dan kesultanan Islam di Aceh, yaitu:

  • Kerajaan Perlak (840-1292)
  • Kerajaan Samudera Pasai (1267-1528)
  • Kesultanan Aceh Darussalam (1511-1903)

 

a)  Kerajaan Perlak

Kerajaan Perlak adalah kerajaan Islam pertama di Nusantara yang didirikan oleh Sultan Alauddin Syah pada tahun 840 M. Kerajaan ini terletak di pesisir timur Aceh, tepatnya di wilayah Peureulak. Kerajaan Perlak memiliki peran penting dalam penyebaran agama Islam di Nusantara. Kerajaan ini menjadi tempat belajar bagi para ulama dari berbagai penjuru dunia.

b)  Kerajaan Samudera Pasai

Kerajaan Samudera Pasai adalah kerajaan Islam yang didirikan oleh Sultan Malik Al Saleh pada tahun 1267 M. Kerajaan ini terletak di pesisir utara Aceh, tepatnya di wilayah Lhokseumawe. Kerajaan Samudera Pasai menjadi salah satu pusat perdagangan rempah-rempah di dunia. Kerajaan ini juga menjadi pusat penyebaran agama Islam di Nusantara.

c)  Kesultanan Aceh Darussalam

Kesultanan Aceh Darussalam adalah kerajaan Islam yang didirikan oleh Sultan Ali Mughayat Syah pada tahun 1511 M. Kerajaan ini terletak di Kutaraja (sekarang Banda Aceh). Kesultanan Aceh Darussalam mencapai puncak kejayaannya pada masa pemerintahan Sultan Iskandar Muda (1607-1636). Pada masa ini, Kesultanan Aceh Darussalam menjadi salah satu kekuatan politik dan militer terkuat di Nusantara. Kerajaan ini juga menjadi pusat penyebaran agama Islam dan kebudayaan Islam di Nusantara.

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERADABAN ISLAM PERIODE KHULAFA`AR-RASYIDIN

PERADABAN ISLAM PADA MASA NABI MUHAMMAD I

PERADABAN ISLAM PERIODE DINASTI ABBASIYAH